Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Model Pembelajaran Menulis Cerpen dengan Media Audio Visual

     Pembelajaran dengan Media Audio Visual
Penggunaan media audio visual dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan rasa ingin tahu dan memunculkan ide yang sangat menarik di benak siswa, membangkitkan motivasi dan rangsangan dalam proses belajar mengajar, serta dapat mempengaruhi psikologi siswa. Oleh karena itu media audio visual dapat digunakan secara tepat, secara nyata membantu dan mempermudah proses belajar mengajar.
Tindakan yang hendak dilakukan dalam proses pembelajaran menulis cerpen, yaitu pembelajaran dengan menggunakan media audio visual yang memerlukan persiapan yang matang. Pembelajaran menulis cerpen didahului dengan pemutaran VCD.
Setelah pemutaran VCD, Posisi duduk siswa diatur pada posisi yang nyaman dan enak, guru memberi penjelasan tata tertib selama pemutaran VCD, siswa dapat mencatat hal-hal yang dianggap perlu. Kemudian pembelajaran menulis cerpen dilakukan setelah siswa menyaksikan pemutaran film dengan media audio visual. Guru menugasi siswa untuk menulis cerita pendek sesuai ide yang didapat setelah menyaksikan pemutaran film dan mengandaikan dirinya sebagai salah satu tokoh dalam film yang dapat memudahkan siswa dalam menulis sebuah cerpen.
a.      Perencanaan
Alat peraga pelajaran yang digunakan adalah media audio visual dengan CD film remaja. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab,pemutaran film dan penugasan. Jenis penilaian yang digunakan adalah nontes yaitu pengamatan (observasi) terhadap kinerja siswa selama proses pembelajaran dan penilaian terhadap hasil menulis cerpen para siswa. Hasil menulis cerpen siswa diobservasi meliputi isi, kesesuaian judul, panjang cerpen, alur cerita, pemilihan dan pengembangan karakter tokoh.

b.      Tindakan
Tindakan yang dilakukan oleh guru adalah mengadakan apresiasi berupa tanya jawab tentang berbagai macam film remaja yang digemari para siswa. Tujuan dari apresiasi ini adalah menggali pengetahuan dan pengalaman siswa tentang berbagai macam film remaja yang pernah dilihat dan memberikan penjelasan mengenai kegiatan belajar mengajar yang hendak dilaksanakan, yaitu mengenai menulis cerpen melalui teknik pengandaian diri sebagai tokoh dalam cerita dengan media audio visual.

c.       Pengamatan atau Observasi
Kinerja siswa diamati selama pembelajaran berlangsung, keaktifan dalam melaksanakan kegiatan dan antusiasme menulis cerpen. Hasil menulis cerpen siswa juga diobservasikan berdasarkan isi, panjang cerita, alur, pemilihan dan pengembangan karakter tokoh dalam cerita.

d.      Refleksi
Guru menganalisis hasil pengamatan terhadap kinerja siswa dan penilaian hasil kerja siswa.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar